loading...

Alasan dan Penyebab Mata Kucing Bersinar di Malam Hari ( Kenapa Bisa Bercahaya Dalam Gelap ? )

Kucing memang penuh misteri. Banyak mitos yang beredar membahas tentang kucing. Tapi salah satu mitos mengatakan bahwa kucing adalah binatang peliharaan penyihir, binatang misterius yang memiliki banyak keunikan yang menarik untuk dibahas.

Nah, salah satunya keunikan kucing adalah matanya yang bisa bercahaya pada malam hari / pada saat gelap tanpa ada cahaya. Benarkah demikian ? Apakah kalian pernah melihat mata kucing bercahaya pada saat malam hari ?

Dan faktanya memang benar, teryata mata kucing memang bisa bersinar pada malam hari. Dan untuk mengungkap alasan dan faktor penyebab mata kucing bersinar pada malam hari, kalian bisa membaca informasi lengkapnya di bawah ini :

Alasan dan Penyebab Mata Kucing Bersinar di Malam Hari ( Kenapa Bisa Bercahaya Dalam Gelap ? )

Alasan mata kucing bersinar pada malam hari sebenarnya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lapisan tapetum lacidum, lapisan ini adalah lapisan yang berada di bagian mata kucing, lebih tepatnya lapisan tersebut berada di belakang atau bisa juga berada di sekitar retina. Lapisan ini sebenarnya juga berada pada hewan vertebrata.

Dan lapisan yang berada pada bagian belakang retina tersebut  tersusun dari kumpulan beberapa sel, yaitu jumlahnya sebanyak 15 sel, dan untuk fungsi sel tersebut untuk memperbanyak jumlah cahaya yang diterima retina dan kemudian akan kembali untuk memantulkannya. Nah, itulah yang menyebabkan mata kucing tersebut mampu bersinar pada malam hari / pada saat gelap.

Untuk warna sinar yang akan dipantulkan mata kucing sebenarnya cukup berfariasi, ada pantulan warna hijau, warna kuning, warna putih, warna biru, warna merah dan juga warna lainnya. Tapi perubahan warna tersebut tidak akan terlihat apabila kita melihat matanya dari sudut yang berbeda. Jadi perubahan warna mata kucing yang terjadi tidak tidak tentu.

Kucing juga hanya membutuhkan 1/6 kekuatan cahaya. Hal ini juga dapat memudahkan kucing untuk tetap bertahan hidup dan mampu mencari makan pada malam hari, mereka juga mampu dengan mudah mendeteksi benda-benda yang akan menjadi sasarannya walaupun lingkungan yang ada di sekitar tempat tersebut dalam keadaan gelap gulita.

Ada juga hal lain yang dapat menjadi alasan dan faktor menyebab mata kucing bersinar pada malam hari yaitu pupilnya. Pupil kucing sebenarnya mampu beradaptasi sesuai dengan lingkungan diskitarnya. Pupil mata pada hewan kucing juga berbeda-beda sesuai dengan pencahayaan. Misalnya saja kita lihat pada saat siang hari, pupil kucing tersebut kemudian akan berbentuk seperti sebuah garis lurus dan memanjang secara vertikal. 

Pada kondisi cahay yang minim pupil kucing akan berubah membesar untuk memperoleh cahaya dan dapat segera meningkatkan cahaya yang diterima fotoreseptor. sedangkan jika sebaliknya disaat cahaya sedang terang pupil kucing akan berubah mengecil. Untuk keuntungan / fungsi dari pupil kucing yang berubah mengecil ini adalah untuk melakukan kontrol yang lebih akurat dan juga tajam untuk dapat mengendalikan cahaya yang akan segera masuk ke bagian mata.

Dan untuk alasan dan faktor penyebab mata kucing bersinar di malam hari yang terakhir adalah karena kucing juga termasuk jenis hewan nokturnal. Kelompok hewan nokturnal termasuk hewan yang cukup aktif disaat malam hari, beda halnya dilakukan oleh manusia yang aktif pada waktu pagi, siang dan sore hari.

Nah itulah faktor penyebab dan alasan mata kucing bersinar pada waktu malam hari. Jadi bukan karena kucing binatang peliharaan penyihir, hantu, jin atau sejenisnya. Tapi karena beberapa faktor yang dijelaskan di atas.

Tag :
Alasan Mata Kucing Bersinar di Malam Hari | Kenapa Mata Kucing Bersinar di Malam Hari | Mengapa Mata Kucing Bersinar Dalam GelapPenyebab Mata Kucing Bersinar di Malam Hari | Kenapa Mata Kucing Bercahaya Pada Malam Hari

Share this

Jika kalian ingin berwisata ke Pulau Dewata Bali - Indonesia, dan ingin mengetahui tempat-tempat wisata bali yang paling lengkap, silahkan kunjungi situs "Mentari Bali Holiday". Disana kalian akan mendapatkan semua informasi wisata bali, dan bahkan ada hal menarik lainnya.
loading...

0 Comment to "Alasan dan Penyebab Mata Kucing Bersinar di Malam Hari ( Kenapa Bisa Bercahaya Dalam Gelap ? )"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang mudah dimengerti, Baik dan Sopan, jika ada kata yang sens1tif / f*rn0gr4fi lainnya tolong di rubah kalimatnya dengan cara campur dengan angka, contohnya ( b1r4hi )

jika merasa informasinya yang disediakan ini bermanfaat tolong bantu di share ya... Trimakasih :3