loading...

10 Cara Melatih Kucing Agar Nurut, Pintar dan Jinak

Kucing adalah binatang yang sangat lucu, bahkan sebenarnya kucing juga bisa kita latih menjadi lebih cerdas dan penurut. Mau tau "10 Cara Melatih Kucing Agar Nurut / Patuh, Cerdas / Pintar, Jinak / Tidak Galak". Kalian simak tips dan trik lengkapnya di bawah ini :

10 Cara Melatih Kucing Agar Nurut, Pintar dan Jinak

Cara Melatih Kucing Menggunakan Toilet Buatan Kita Sendiri

Bagi para pecinta kucing yang tidak memiliki halaman luas ataupun halaman tanpa tanah tapi sudah banyak beton di sekitarnya, sering kali mengalami cobaan saat kucing-kucing yang mereka pelihara membuang kotoran sembarangan tanpa menguburnya. Untuk mengatasi ini kita bisa sediakan bak berisi pasir dan letakkan di sekitar rumah. 

Untuk cara melatih kucing buang air / cara melatih kucing menggunakan toilet / kamar mandi buatan kita ( bab / pup ) dengan tujuan menghilangkan kebiasaan kucing berak sembarangan, dengan cara meletakkan dia di bak pasir tersebut saat sebelum atau sesudah makan. Bisa juga saat bangun tidur atau saat mereka kelelahan selesai bermain. Untuk informasi lengkapnya baca disini : cara melatih kucing menggunakan toilet sendiri / cara melatih kucing buang air di pasir

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Pergi Dari Rumah

Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan kucing pergi dari rumah, seperi kurangnya kasih sayang dari majikan, tempat sudah tidak aman dan banyak gangguan dari binatang lainnya, tidak memiliki kekuasaan dan kalah berebut kekuasaan dengan kucing lain, dan masih ada banyak alasan lainnya.

Untuk melatih kucing agar tidak pergi dari rumah, kalian harus rajin memberinya makan dan tetap memperhatikannya. Ajak mereka bermain dan sering elus-elus bulunya. Kalian juga jangan memelihara binatang yang dia takuti, seperti halnya anjing dan binatang-binatang besar lainnya. Untuk informasi lengkapnya silahkan baca disini : Cara Melatih Kucing Agar Tidak Pergi / Keluar Rumah dan Bisa Beradaptasi di Tempat Baru

Cara Melatih Kucing Agar Berhenti Mencakar Perabotan Rumah

Kucing sangat suka mencakar-cakar sesuatu, seperi batang pohon, karpet, sofa, sbantal, kasur, dan lain-lainnya. Hal itu dilakukan karena untuk menajamkan kuku-kukunya agar bisa lebih mudah mencengkram mangsanya. 

Dan untuk melatih kucing agar tidak mencakar perabotan rumah kita, kalian harus menyediakan tempatnya mencakar. Bisa buatkan tempat kusus dari kayu yang dilitkan tali tambang dan buat seperti batang pohon.

Cara Melatih dan Menjinakkan Kucing Liar

Kalian bisa banyak menemukan kucing liar di pasar, itu karena banyak yang membuang mereka ke pasar. Tapi ada juga kucing-kucing liar yang sering berada di pekarangan rumah. Apakah pekarangan rumah kalian ada kucing liarnya ? Dan tertarik untuk menjinakkannya ?

Untuk menjinakkan kucing liar kalian harus rajin memberinya makan. Saat mereka melintasi / lewat rumah kalian lemparkan beberapa ikan sambil memanggil puss. Kalian juga jangan menatap matanya, karena kucing liar tersebut akan menganggap kamu menantangnya dan membuat konflik. Semakin sering memberi makan kucing liar maka mereka akan terbiasa datang ke rumahmu, selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memberi posi makan lebih banyak menggunakan wadah. Untuk informasi lengkapnya baca disini : cara menjinakkan kucing liar / lokal / kampung.

Cara Melatih Kucing Agar Tidak Terbiasa Mencuri Makanan di Dapur

Kucing biasanya sering dituduh sebagai pencuri jika ada makanan yang hilang di dapur. Bahkan kucing juga suka melompat ke meja makan untuk mengambil makanan yanga da di sana. Hal ini disebabkan karena mereka masih merasa sangat lapar.

Untuk melatih kucing agar tidak mencuri di dapur dan melompat meja makan, kita harus rajin memberinya makan. Saat sudah tidak lapar mereka juga biasanya lebih suka tidur ataupun bermain. Tapi jika kucing kalian tetap mencuri ataupun naik ke meja makan, kalian bisa menepukkan tanagn sambil mengatakan kata larangan seperti jangan, tidak ataupun kata larangan lainnya agar mereka kaget dan mengurungkan niat untuk mencuri. Selain itu, jangan biasakan kamu meracik makan kucing di dapur ataupun meja makan. lakukan di tempat lain agar mereka tidak menganggap dapur / meja makan adalah gudang makanan.

Cara Melatih Kucing Agar Melompat dan Naik ke Atas Kita

Kitten atau anak kucing biasanya suka naik / memanjat dari kaki kita ke atas hanya untuk mengambil makanan yang kita bawa. Beda dengan kucing yang sudah dewasa, mereka lebih suka mengeong dengan lembut dan terdengar merayu, mereka juga suka menggosokkan badanya ke kaki kita. Tapi bagaimana caranya agar kucing dewasa mau melompat dan naik ke atas kita ?

Untuk melatih kucing agar mau melompat naik ke pelukkan kita adalah dengan cara gerakan tangan dan jari tangan. Sebelumnya kalian harus rajin bermain dan elus-elus bulu kucing kalian. Cara elusnya dengan menggaruk-garukkan tanggan di bagian kepala dan lehernya, mereka akan sangat senang. Setelah itu coba latih perlahan, gerakkan jari tangan seperti hendak menggaruk tanpa menyentuh mereka. Lakukan dari berbagai arah, kucingmu akan terus mendekati pergerakan tanganmu.

Cara Melatih Kucing Agar Berhenti Menggigit

Sebenarnya kebiasaan kucing menggigit itu ada tiga alasan, antara ingin bermain, menunjukkan kasih sayang dan marah. Selain menggigit biasanya mereka juga sering menendang-nendangkan kakinya. Dan ini memang cukup sakit rasanya.

Untuk melatih kucing agar berhenti mengigit kita adalah dengan cara tidak mengasarinya. Perlakukan mereka dengan lembut dan alus. Kadang ada masa-masa mereka lelah bermain, mereka juga merasa greget ingin menggigit, saat itu mereka akan membuka mulut dan seperti keabisan tenaga. Nafas yang tersenggal senggal dan lebih agresif. Saat seperti itu berhentilah ajak mereka bermain. Biarkan dia istrahat ataupun bermain dengan mainannya sendiri.

Cara Melatih Kucing Bersalaman

Kita sebenarnya bisa melatih kucing beberapa trik, termasuk melatih kucing bersalaman. Dan ini akan membuat kita merasa bangga dan senang apabila kucing kita mulai mengerti cara bersamalam yang baik dan benar.

Untuk melatih kucing bersalaman, sebenarnya harus menggunakan makanan. Makanan kesukaanya bisa dijadikan hadiah jika dia bisa menyelesaikan apa yang kita minta. Untuk langkah pertamanya berikan kucing tersebut makanan dengan menggunakan tangan kita, tapi berikan agak tinggi, hal itu dilakukan agar mereka fokus melihat makanan dan tangan kita di atas, dan membuatnya ingin menaikkan tanggannya dan menggapai makanan yang ada di tangan kita. 

Lakuakan beberapa kali dan setelah ia berhasil menggapai makanan itu, pegang tangganya dan biarkan dia memakan makanan yang kita bawa itu. Lama-kelamaan berikan makan lebih rendah tidak setinggi yang pertama, lakukan terus sampai mereka terbiasa, sampai akhirnya lakukan cara itu tanpa menggunakan makanan di tangan kita. Jika dia mau menaikkan tangannya ke tangan kita, beri dia makanan sebagai hadiah.

Cara Melatih Kucing Agar Mengikuti Kemanapun Kita Pergi

Kucing rumahan yang sudah sangat jinak biasanya akan mengikuti majikannya kemanapun mereka pergi. Tapi tidak sampai keluar rumah, biasanya hanya di sekitar dalam ruangan ataupun pekarangan rumah. 

Untuk melatih kucing agar mengikuti kita dengan cara memberinya kasih sayang. Semakin sering kamu bersamanya, dalam bermain ataupun memberi makan, maka dia akan suka mengikutimu. Baumu sudah mereka kenal dan kamu sudah di anggap majikan yang sangat berguna menuntun mereka ke tempat-tempat baru yang menguntungkan.

Cara Melatih Kucing Agar Terbiasa Dengan Nama Panggilan yang Diberikan

Kucing biasanya akan datang saat kita memanggil puss. Tapi sebenarnya kita bisa merubah nama panggilan itu sesuai nama panggilan yang kita inginkan. Tapi biasanya kita susah memberi nama panggilan kepada kucing-kucing yang sudah dewasa, jadi kita harus melatihnya saat mereka masih kecil. Saat masih kitten yang polos belum terlalu tau dunia luar.

Untuk melatih kucing agar datang saat kita panggil namanya adalah dengan cara memancingnya dengan memberikan makanan. Beri dia makan sambil memanggil namanya. Sering-sering panggil namanya agar dia terbiasa dengan panggilan baru.

Ok, itulah beberapa tips dan trik "10 Cara Melatih Kucing Agar Nurut / Patuh, Cerdas / Pintar, Jinak / Tidak Galak". Semoga setelah membaca artikel ini kalian semakin pintar untuk merawat dan mendidik kucing-kucing kesayangan kalian.

Baca juga informasi tentang kucing dibawah ini :
Tag :
Cara melatih kucing agar nurut | Nama Kucing | Cara melatih kucing agar pintar | Cara melatih kucing agar jinak | Cara melatih kucing agar patuh | Cara melatih kucing agar tidak galak | Cara melatih kucing pup di tempatnya | Anggora | Persia | Kucing Kampung | Kucing Liar | Latih Kucing | 10 | 100 | 1000

Share this

Jika kalian ingin berwisata ke Pulau Dewata Bali - Indonesia, dan ingin mengetahui tempat-tempat wisata bali yang paling lengkap, silahkan kunjungi situs "Mentari Bali Holiday". Disana kalian akan mendapatkan semua informasi wisata bali, dan bahkan ada hal menarik lainnya.
loading...

12 Responses to "10 Cara Melatih Kucing Agar Nurut, Pintar dan Jinak"

  1. ane takut sama kucing gan wkwkwk

    BalasHapus
  2. lengkap banget ya tutorialnya, sayang ane gapunya kucing dirumah

    BalasHapus
  3. nyimak aja karena ane alergi kucing...hehehe

    BalasHapus
  4. kucing ane kl disetelin film spongebob dia duduk diem mnghadap layar komputer smpe filmnya bubaran,kl disetelin lagu dangdut koplo dia malah kabur sembunyi dibawah kasur smpe lagunya mati baru dia mau keluar dr persembunyiannya

    BalasHapus
  5. makasi min infonya...
    cara melatih kucing buang air di pasir
    melatih kucing buang air besar di toilet
    cara melatih kucing pup di pasir
    cara menghilangkan kebiasaan kucing berak sembarangan

    BalasHapus
  6. cara melatih kucing berdiri dan cara melatih kucing duduk gemana min ?

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah.. Kucing saya sudah terbiasa buang kotorannya di kamar mandi

    BalasHapus
  8. pengen banget melatih kucing berenang di laut ataupun di kolam biar pinter kayak anjing. tapi gak mungkin kayaknya, kucing kan takut air.

    BalasHapus
  9. Saya punya 3 kucing, namanya Uning, beti sama Mo ( krn warna nya ky sapi ), percaya atau tidak, setiap kali saya panggil nama mereka masing2 mereka dtg, syg nya yg namanya Uning udah kabur dari rumah krn kalah kekuasaan sama kucing tetangga padahal dia cerdas, kencing aja di wc jongkok, seriusan, pdhl ngga ad yg ngajarin, kayaknya sih pas lihat ade ade saya yah jdi otodidak dia nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kayaknya kucingnya punya kecerdasan yang lebih ya. tanpa di ajarin. mungkin induknya yang ngajarin makanya dia ngikutin.

      Hapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang mudah dimengerti, Baik dan Sopan, jika ada kata yang sens1tif / f*rn0gr4fi lainnya tolong di rubah kalimatnya dengan cara campur dengan angka, contohnya ( b1r4hi )

jika merasa informasinya yang disediakan ini bermanfaat tolong bantu di share ya... Trimakasih :3