loading...

Cara Melatih Kucing Menggunakan Toilet Buatan, Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan

Ada beberapa kucing yang tiak bisa menggunakan toiletnya, atau tidak tau caranya membuang kotorang di tempat yang sesuai / yang khusus disediak. Kadang kucing-kucing yang sering mmbuang kotoran sembarangan itu di anggap mengganggu dan jorok. Itu terlihat dari banyaknya tumpukan pasir yang menggunung di sekitar rumah. Bahkan bau kotoran yang membusuk membuat banyak orang menjadi jengkel dengan tingkah kucing peliharaannya.

Jadi jika kalian ingin mencari cara melatih kucing membuang kotoran di toilet / ditempatnya, untuk cara melatih kucing agar tidak buang kotoran sembarangan kalian bisa ikuti petunjuk yang saya berikan.

Pertama-tama kita pikirkan dulu tempat yang ingin kalian gunakan / lokasi yang ingin kalian pilih untuk melatih / membiasakan kucing kalian membuang kotorannya di toilet buatan kita sendiri. Jika ingin menggunakan wadah / bak khusus yang akan menampung kotoran. Kalian sediakan bak yang cukup luas dan tidak tinggi, ingat tambahkan pasir karena kucing memiliki kebiasaan menggali pasir saat akan pipis ataupun membuang kotorannya.

Cara Melatih Kucing Menggunakan Toilet Buatan, Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan

Setelah itu letakkan bak berisi pasir itu di tempat yang agak jauh dan sepi, jangan di tempat tinggi, tapi letakkan di bawah agar kucing kalian bisa dengan mudah menjangkaunya. Selain itu jangan diletakkan di tempat yang sering kalian lewati dan tempat-tempat dengan suara yang berisik. Itu karena tempat sunyi akan membuat kucing lebih merasa nyaman saat akan membuang kotorannya.

Dan yang terpenting adalah jauhkan tempat makan dan tempat tidur mereka dari tempat membuang kotoran. Kucing adalah binatang yang suka dengan kebersihan. Jadi mereka juga tidak suka berada di tempat yang bau. Saat mencium bau kotoran di tempat makan ataupun tempat ia tidur, mereka bisa saja kehilangan nafsu makannya dan tidak betah tidur di tempat itu lagi.

Setelah toilet / tempat membuang kotoran disediakan dan diletakkan di tempat yang tepat, maka selanjutkan yang harus kalian lakukan adalah membiasakannya agar mengenal tempat tersebut dan melatihnya untuk membuang kotoran di toilet buatan / bak tersebut. 

Caranya bagaimana ? Ok, sangat mudah sekali, saat kucingmu lelah bermain ataupun baru bangun dari tidurnya. Letakkan dia di bak yang bersisi pasir tersbut. Selain itu juga bisa letakkan pada saat mereka sebelum ataupun selesai makan dan letakkan mereka di toilet buatan / bak pasir tersebut. Itu karena pada waktu-waktu seperti yang saya sebutkan di atas, mereka lebih sering merasa ingin membuang kotorannnya.

Jadi meletakkan kucing di bak penuh pasir itu tujuannya untuk melatih / membiasakan si kucing untuk membuang kotorannya di bak yang disediakan. Jika dia sudah mau membuang kotorannya di bak tersebut, maka kemungkinan besar dia akan mengulanginnya lagi dan mau secara rutin membuang kotorannya di tempat yang disediakan itu.

Alasannya, itu karena bau kotorannya. Biasanya kucing suka memberi tanda suatu tempat dengan bau khasnya. Jadi disaat dia mencium bau kotorannya di tempat tertentu, maka dia akan membuang kotorannya di tempat yang sama pula.

Tapi walaupun begitu, karena kita menyediakan bak, maka kita juga harus membersihkannya. jangan biarkan kotoran kucingmu menumpuk terlalu banyak. Bersihkan kotorannya saat mereka selesai buang air besar. Itu untuk mencegak timbulnya penyakit. Kotoran kucing adalah sumber penyakit dan sangat berbahaya bagi ibu hamil. Itu karena kotoran kucing menularkan penyakit tokson yang menyebabkan wanita menjadi mandul / susah mengandung. 

Jadi karena kotorannya menularkan penyakit, kita harus menggunakan sarung tangan dan alat bantu lainnya. Usahakan jangan kotak langsung dengan kotorannya. Setelah itu ingat juga untuk jangan ganti semua pasir yang digunakan tadi, biarkan beberapa pasir di toilet buatan agar bau khasnya tidak hilang. Karena jika hilang dan nampak baru, kita jadi mengulang mengajari mereka.

Lakukan pembiasaan diri membuang kotoran kucing di tempatnya selama seminggu. Jadi bantu dia letakkan di bak saat waktu jam sebelum sesudah makan ataupun bermain dan bangun tidur.

Jika kucingmu masih tidak bisa membung kotoran di toilet khusus buatan kita, maka hal terakhir yang harus kalian lakukan adalah mengurungnya. Memang cara ini sedikit kejam. Tapi mereka akan mulai melirik toilet yang kita sediakan untuk tempatnya membuang kotoran.

Dan yang terakhir yang kamu lakukan saat keberhasilan kucingmu membuang kotoran di toilet buatan adalah memujinya, itu dilakukan agar mereka merasa senang dan merasa melakukan hal yang benar.

Ok, hanya itu tips dan trik Cara Melatih Kucing Menggunakan Toilet Buatan, Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan. Semoga sukses dengan tips di atas ya.


Tag :
Cara melatih kucing bab di toilet buatan | Cara melatih kucing pup di toilet buatan | Cara melatih kucing bab di pasir | Cara melatih kucing pup di pasir | Cara melatih kucing berak di tempatnya

Share this

Jika kalian ingin berwisata ke Pulau Dewata Bali - Indonesia, dan ingin mengetahui tempat-tempat wisata bali yang paling lengkap, silahkan kunjungi situs "Mentari Bali Holiday". Disana kalian akan mendapatkan semua informasi wisata bali, dan bahkan ada hal menarik lainnya.
loading...

4 Responses to "Cara Melatih Kucing Menggunakan Toilet Buatan, Agar Tidak Buang Kotoran Sembarangan"

  1. Nice artikel agan. Numpang nitip link http://www.duakata.com

    BalasHapus
  2. Kalau kucing jenis persia,gk usah dilatih sudah tahu pup dan buang air kecil di kotak pasir yg disediakan

    BalasHapus
  3. Mungkin dengan cara kek gini gw bisa nampung kucing wkwkwkw nice info

    BalasHapus

Berkomentarlah dengan kata-kata yang mudah dimengerti, Baik dan Sopan, jika ada kata yang sens1tif / f*rn0gr4fi lainnya tolong di rubah kalimatnya dengan cara campur dengan angka, contohnya ( b1r4hi )

jika merasa informasinya yang disediakan ini bermanfaat tolong bantu di share ya... Trimakasih :3