loading...

Kumpulan Jenis Ras Kucing di Dunia Terlengkap

Jenis-jenis kucing ataupun ras kucing ada banyak di dunia. Disini saya akan membagikan kumpulan jenis-jenis ras kucing terlengkap di dunia. Mungkin ada ras baru yang bermunculan dari persilangan berbagai ras kucing. Maka dari itu saya katakan artikel ini belum sepenuhnya lengkap. 

Tapi saat ini informasi ras kucing yang ada hanya sebatas ini yang saya tau. Dan jika mendapatkan informasi baru, saya akan menambahkannya di daftar kumpulan jenis ras kucing ini. Adapun nama-nama ras kucing yang saya ketahui diantaranya :

Kumpulan Jenis Ras Kucing di Dunia Terlengkap

Manx
Manx adalah ras yang berasal dari Pulau Manx. Beberapa orang menyebut jenis ini dengan sebutan Rumpy. Kucing Manx juga memiliki ekor yang pendek serta warna bulu yang terdiri dari cokelat dan lavender. Sifat dari jenis kucing Max adalah setia, pintar dan ramah.

Maine Coon
Maine Coon termasuk ras kucing yang berasal dari Maine ( Amerika Serikat ). Kucing ini keturunan dari ras kucing Anggora dengan ras kucing American Shorthair. Sifat kucing ini juga sangat lucu, pemalu, dan sangat mudah akrab. Memiliki bulu cukup tipis, lembut, dan ada banyak warna.

British Shorthair
Ras British Shorthair dikembangkan di negara Inggris. Kucing ini cukup tenang, lembut, dan lumayan pintar. Memiliki warna bulu polos (putih, merah, krem, hitam, dan biru ), hitam pekat, dua warna ataupun belang.

Burmese
Burmese merupakan jenis ras kucing yang di kembang biakan oleh Dr. Joseph Thompson di Amerika Serikat, tahun 1930-an. Memiliki warna bulu cokelat musang, biru ( abu-abu ), merah, lifa, champagne, cokelat, dan juga tortoiseshell. Sifatnya jenis kucing ini adalah periang dan lucu.

Chinchilla Longhair
Chinchilla Longhair merupakan ras kucing yang berasal dari negara Inggris. Jenis kucing ini cukup anggun. ia juga dibagi dalam dua macam, yaitu Chinchilla warna cerah (sejati) dan ada yang lebih gelap (perak gradasi).

Persia
Persia merupakan jenis kucing dengan rambut yang cukup panjang, memiliki karakter wajah bulat dan moncong pendek. Nama jenis kucing ini mengacu pada kucing Persia, sedangkan untuk nama lamanya adalah kucing Iran.

Siam
Siam atau siamese termasuk salah satu ras kucing pertama yang diakui sebagai kucing oriental. Sesuai dengan namanya itu, kucing Siam juga berasal dari negara Siam, karena itu ras kucing ini sangat mudah kita temui di Thailand.

Bangal
Bengal / Blacan merupakan keturunan ketiga dari persilangan kucing american shorthair dan kucing asian leopard. Kucing jenis ini juga berasal dari California, ( Amerika Serikat ).

Russian Blue
Russian Blue merupakan ras kucing yang memiliki bulu dengan warna perak-biru. ia sangat cerdas dan lucu, tetapi sering bersikap pemalu di hadapan orang asing.

Ragdoll
Ragdoll merupakan ras kucing terbesar di dunia, ia juga telah diakui oleh Guinness World Records. awalnya jenis kucing ini dikembangkan oleh Ann Baker dari Amerika Serikat.

Turkish Angora
Anggora Turk bisa disebut juga Senggora Turki, termasuk ras kucing alami yang sangat tua dan langka. Ras kucing ini berasal dari Turki dan cukup populer di Indonesia.

Sphynx
Sphynx dahulunya dinamai Canadian hairless, termasuk jenis kucing yang memiliki bulu sangat pendek dan sedikit. Jika dilihat  sekilas, ia tampak tidak memiliki bulu sama sekali, akan tetapi, jika kita amati lebih saksama dan teliti, tubuhnya ditumbuhi rambut halus di beberapa bagian, seperti kaki,ekor, telinga, dan didekat organ kelamin.

Scottish Fold
Scottish Fold adalah jenis kucing alami yang asalnya dari Skotlandia. Ia memiliki ciri khas dan keunikan pada telingnya yang melipat, sehingga kucing jenis ini disebut dengan kucing berwajah burung hantu ataupun coupari.

Exotic Shorthair 
Exotic Shorthair adalah jenis kucing yang merupakan hasil persilangan antara jenis kucing Persia dengan jenis kucing American Shorthair.

Birman 
Birman adalah jenis kucing alami asalnya dari Perancis. ia biasanya berukuran sedang dengan berat badan mencapai 4-6 kg. ia hanya mempunyai warna mata biru. Sedangkan pada Pola warna Birman adalah colorpoint ( warna gelap pada  telinganya, ekor wajah, dan keempat kakinya, kecuali pada keempat telapak kaki dan ada juga cakar-cakarnya yang berwarna putih ).

Munchkin 
Munchkin adalah jenis kucing berkaki pendek yang muncul karena mutasi genetik alami. ia mulai dikembangbiakkan sekitar tahun 1980-an di Amerika Serikat, termasuk di negara asalnya.

American Shorthair 
American Shorthair adalah jenis kucing dari Amerika Utara, ia juga termasuk keturunan dari jenis kucing European Shorthair dan British Shorthair.

Abyssinian 
Abyssinian adalah jenis kucing yang dengan bulu pendek, kucing ini termasuk paling populer di Amerika Serikat. ia juga termasuk kucing tertua yang pernah diketahui. Ras kucing Abyssinian terlihat seperti menyerupai lukisan dan patung-patung yang berasal dari zaman Mesir kuno.

Siberia 
Siberia adalah jenis kucing domestik alami, berasal dari Siberia Rusia. Ia memiliki nama lengkap kucing "Hutan Siberia". Ia juga termasuk kucing dengan tubuh pendek dan berbulu sedang ( ada berbagai macam warna bulu ).

Norwegian Forest 
Norwegian Forest adalah jenis kucing alami, ia berasal dari daerah yang bernama Norway. Termasuk nenek moyang dari jenis kucing Norwegian Forest. ia diduga berasal dari hutan di daerah Skandinavia dan Norwegia.

Toyger 
Toyger adalah jenis kucing yang muncul dari hasil persilangan jenis kucing domestik dengan jenis kucing Bengal.

Chartreux 
Chartreux adalah jenis kucing domestik berasal dari Perancis. ia juga sangat mirip dengan jenis kucing British Shorthair.

Himalayan
Himalaya atau bisa disebut dengan Persia Himalaya, termasuk jenis kucing yang merupakan hasil persilangan antara jenis kucing Persia dengan jenis kucing Siamese.

Lykoi 
Lykoi juga termasuk jenis kucing terbaru yang penampilannya mirip dengan serigala. Ras ia mengalami mutasi genetik alami, ia juga tidak memiliki rambut di sekitar hidung, telinga, mata dan moncongnya.

Egyptian Mau 
Egyptian Mau termasuk jenis kucing tertua yang pernah ada dan juga menjadi kucing ras alami. Ciri khas jenis kucing Egyptian Mau ialah memiliki bulu dan kulit dengan corak tutul.

Somali 
Somali merupakan salah jenis kucing yang terbentuk secara tidak sengaja. termasuk versi bulu panjang dari jenis kucing Abyssinian.

Korat 
Korat adalah jenis kucing yang berasal dari Provinsi Nakhon Ratchasima (  Thailand ). Ras kucing ini juga sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu di Thailand. Ras Korat juga menjadi kucing yang cukup dihormati oleh para penduduk lokal.

Singapura
Kucing Singapura adalah jenis kucing terkecil dan cukup terkenal karena mata dan telingnya yang besar, memiliki bulu berwarna cokelat bintik-bintik dan ekor juga ekor yang tumpul. Sempat dilaporkan pada tahun 1970, terdapat 3 ekor "kucing tiriskan" yang diimpor dari Singapur.

Ragamuffin
Ragamuffin termasuk jenis kucing domestik yang masih varian dari jenis kucing Ragdoll. Ras kucing Ragamuffin ini pertama kali muncul pada tahun 1994, ia juga merupakan hasil persilangan dari kucing Ragdoll dengan kucing lainnya. Penampilannya juga mirip dengan Ragdoll.

LaPerm
LaPerm adalah jenis kucing dari Amerika Serikat yang muncul dari mutasi genetik alami. Salah satu dari ciri khas ras kucing LaPerm ini adalah bulu-bulunya yang terlihat keriting. LaPerm juga termasuk kucing jenis Rex.

Devon Rex
Devon Rex merupakan jenis kucing berbulu pendek dan juga keriting, tetapi bulu-bulunya itu juga sangat lembut. Karena itulah ia disebut-sebut sebagai salah satu jenis kucing yang cukup aman bagi para penderita alergi bulu.

American Curl
American Curl adalah jenis kucing yang muncul akibat mutasi genetik alami yang asalnya dari Lakewood, California, dan Amerika Serikat.

Savannah
Savannah adalah jenis kucing hibrida yang merupakan hasil dari persilangan kucing liar Serval yang berasal dari Afrika dengan kucing domestik dari jenis Bengal, Siamese, dan Egyptian Mau.

Pixie-bob
Pixie-bob adalah jenis kucing domestik baru dan termasuk kucing polidaktil. Sebenarnya sudah diklaim oleh pengembangnya, Carol Ann Brewer, bahwa jenis kucing Pixie-bob dari Washington, termasuk keturunan alami dari persilangan kucing hutan.

Oriental Shorthair
Oriental Shorthair adalah jens kucing hasil persilangan jenis kucing Siamese.  Dan pertama kali dikembangkan di Inggris pada abad ke-20. ia juga mirib dengan tipe tubuh Siamese.

Cheeton
Cheetoh adalah jenis kucing hibrida hasil persilangan dari jenis Ocicat dengan jenis Bengal. Pada bulan November 2004,Cheetoh untuk pertama kali diakui oleh United Feline Organization (UFO).

Havana Brown
Havana Brown adalah jenis yang berasal dari Thailand. Ras kucing ini juga pertama kali dikembangkan di Inggris. ia bahkan mampu hidup dengan mencapai umur 12 tahun.

Bombay
Bombay adalah jenis kucing domestik, hasil persilangan jenis kucing American Shorthair dengan jenis kucing Burmese.

Ocicat
Ocicat adalah jenis kucing yang merupakan hasil persilangan jenis kucing domestik dengan jenis kucing domestik berpenampilan liar. Salah satu pola bulunya adalah tutul, dan mirip dengan kucing liar.

American Bobtail
American Bobtail adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Amerika Serikat.

Van Turki/ Turkish Van
Van Turki adalah jenis kucing alami yang berasal dari Turki. Pertama kali mulai dikembangkan di Inggris. ia juga dijuluki sebagai "kucing perenang", karena kucing Van Turki suka dengan air.

Selkirk Rex
Selkirk Rex adalah jenis kucing yang berasal dari Montana ( Amerika Serikat ). ia juga merupakan kucing yang berbeda dari jenis-jenis kucing Rex lainnya. Kucing ini juga tercipta dari mutasi genetik yang alami.

Japanese Bobtail
Japanese Bobtail termasuk ras kucing alami yang berasal dari negara Jepang. Jenis ini sudah ada sejak ribuan abad yang lalu. Nama ras kucing ini juga banyak disebutkan dan digambarkan dalam sebuah dokumen-dokumen kuno di Jepang.

Balinese
Balinese termasuk ras kucing alami yang muncul akibat mutasi genetik pada ras kucing Siamese. Perbedaan antara jenis kucing Balinese dengan jenis kucing Siamese terdapat pada bulunya, Balinese disebut berbulu sedang, sedangkan jenis Siamese disebut berbulu pendek.

Nebelung
Nebelung termsuk ras kucing langka yang asalnya dari Amerika Serikat. Memiliki ciri khas pada penampilannya yang hampir sama dengan jenis Russian Blue.

Snowshoe
Snowshoe termasuk ras kucing yang cukup langka ( asalnya dari Amerika Serikat ). Ras kucing Snowshoe ini berukuran sedang, mata dan telinganya berbentuk seperti segitiga. Warna matanya juga biru, namun dapat juga dengan warna lain.

American Wirehair
American Wirehair termasuk salah satu ras kucing domestik yang asalnya dari bagian utara New York ( Amerika Serikat ). ia muncul akibat mutasi genetik yang spontan. Salah satu ciri khasnya adalah bulunya yang berkerut.

Thai
Thai atau bisa disebut Thailand merupakan ras kucing domestik dan berasal dari Thailand. Kucing ini juga berbadan sedang dengan bulu-bulu yang pendek.

European shorthair
European Shorthair termasuk salah satu ras kucing yang berbulu pendek dan berasal dari Swedia. Ras ini baru sedikit mendapatkan pengakuan dari beberapa organisasi pendaftaran kucing.

Don Sphynx
Don Sphynx termasuk jenis kucing domestik yang berasal dari Rusia, ia tercipta akibat mutasi genetik yang alami. tubuhnya sedang dan termasuk jenis kucing yang tanpa bulu.

Cornish Rex
Cornish Rex termasuk kucing domestik yang berbulu pendek, bahkan bulunya itu sangat pendek, dan keriting, hal itu tercipta akibat adanya mutasi genetik yang terjadi pada nenek moyang mereka. ( seekor anak kucing yang terlahir pada tahun 1950-an di sebuah area pertanian di Cornwall, Inggris ). Karena hal itu, kucing ini diberi nama "Cornish" dan termasuk serapan dari kata "Cornwall".

Colorpoint Shorthair
Colorpoint Shorthair termasuk saah satu jenis kucing domestik dan saudara dari jenis kucing Siamese. Karena ia sangat mirip dengan kucing Siamese, maka ia sering disebut sebagai kembaran Siamese.

Tonkinese
Tonkinese termasuk jenis kucing yang berasal dari Kanada, ia termasuk persilangan antara jenis kucing Siamese dengan jenis kucing Burmese.

Javanese
Javanese jenis yang diakui oleh Cat Fanciers' Association dan yang diperbolehkan ikut serta dalam kontes kucing. ia berjenis oriental. Termasuk Kucing Javanese yang pertama kali dikembangkan di Amerika Utara.

Cymric
Cymric termasuk jenis kucing akibat mutasi genetik alami yang termasuk jenis kucing paling tertua di dunia. Ras Cymric merupakan versi bulu panjang dari jenis kucing Manx. Salah satu ciri khusus kucing tersebut memiliki ekor yang cukup pendek.

Chausie
Chausie termasuk ras kucing hibrida yang berasal dari Amerika Serikat. ia adalah hasil persilangan dari kucing hutan dan kucing domestik yang memiliki bulu yang cukup pendek.

Peterbald
Peterbald termasuk jenis kucing yang berasal dari Rusia. Ras kucing ini juga merupakan hasil persilangan antara jenis kucing Don Sphynx dan jenis kucing Oriental Shorthair ( terjadi tahun 1994 ).

Burmilla
Burmilla termasuk jenis kucing yang terbentuk dari persilangan antara jenis Burmese dengan jenis Chinchilla. Sebenarnya ada dua jenis kucing Burmilla, yaitu Burmilla Shorthair dan juga Burmilla Longhair.

Kucing andes / Andean Mountain Cat
Andes dikatakan kucing liar kecil. kucing ini termasuk salah satu dari dua felids yang tidak ada subspesiesnya. Sekarang, jenisnya kurang dari 2.500 individu yang masih diperkirakan ada.

Pallas
Pallas juga disebut Manul, termasuk kucing liar kecil yang dinamai setelah naturalis Jerman Peter Simon Pallas, yang pertama kali mendeskripsikan spesies ras kucing tersebut pada tahun 1776.

Margay
Margay ( Leopardus wiedii ) termasuk kucing tutul asli Amerika. Dinamakan untuk Pangeran Maximilian dari Wied-Neuwied, kucing jenis margay termasuk hewan soliter dan nokturnal yang lebih suka bagian terpencil dari hutan hujan.

Fishing Cat / Kucing Bakau
Bakau ( Prionailurus viverrinus ) termasuk kucing liar berukuran sedang di Asia Selatan dan di Asia Tenggara. Pada tahun 2008, IUCN mengklasifikasikan kucing jenis ini terancam akan punah karena mereka terkonsentrasi terutama pada habitat lahan basah.

Serval Cat
Serval, Leptailurus serval atau disebut juga serval Caracal, dikenal dalam Bahasa Afrika sebagai Tierboskat, "seekor kucing hutan harimau", jenis ini termasuk kucing liar Afrika berukuran sedang.

Caracal Cat
Caral Cat bisa hidup dengan baik di daerah gunung dan juga gurun, kucing jenis ini juga memiliki kemampuan untuk bertahan hidup yang cukup tinggi dengan tidak banyak minum dalam jangka waktu yang lumayan panjang.

African Golden Cat / Kucing emas
Kucing Emas cukup misterius dan sangat sulit di jumpai, sedikit sekali informasi mengenai perilaku dan ekologi ras kucing emas, termasuk informasi populasi mereka juga belum jelas.

Itulah daftar kumpulan ras kucing yang saya ketahui, semoga informasi yang ada di sini bermanfaat untuk kalian semua.

Tag:
Jenis Ras Kucing di Seluruh Dunia | Kumpulan Jenis Kucing di Dunia | Kumpulan Ras Kucing Di Dunia | Macam-macam Kucing di Seluruh Dunia | Daftar Ras Kucing di Seluruh Dunia | Jenis Ras Kucing di Dunia

Share this

Jika kalian ingin berwisata ke Pulau Dewata Bali - Indonesia, dan ingin mengetahui tempat-tempat wisata bali yang paling lengkap, silahkan kunjungi situs "Mentari Bali Holiday". Disana kalian akan mendapatkan semua informasi wisata bali, dan bahkan ada hal menarik lainnya.
loading...

0 Comment to "Kumpulan Jenis Ras Kucing di Dunia Terlengkap"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang mudah dimengerti, Baik dan Sopan, jika ada kata yang sens1tif / f*rn0gr4fi lainnya tolong di rubah kalimatnya dengan cara campur dengan angka, contohnya ( b1r4hi )

jika merasa informasinya yang disediakan ini bermanfaat tolong bantu di share ya... Trimakasih :3