loading...

Benjolan Pada Kucing Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Apa ?

Memelihara banyak kucing ? dan menemukan benjolan di kucing peliharaan kalian ? Jika menemukan benjolan pada kucing sebaiknya kalian membaca informasi yang akan saya bahas disini. Tapi walaupun tidak ada benjolan pada kucing kalian, informasi ini juga bisa berguna suatu hari nanti, maka di saat terjadi hal seperti ini kalian sudah tau bagaimana cara menanganinya.

Benjolan pada kucing tersebut sebenarnya bisa dikarenakan penyakit Abses. Penyakit ini biasanya disebabkan karena infeksi dan bakteri. Benjolan bisa tumbuh di sekitar telinga, leher, perut, pinggang, kaki dan di bagian tubuh lainnya.

Benjolan Pada Kucing Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Apa ?

Untuk ciri-ciri Abses : Benjolan tersebut semakin lama semakin membesar dan lembek. Seperti banyak air yang menggelembung. Ukurannya bisa melebihi normal benjolan biasa. Dan bahkan jika benjolan itu sudah mencapai puncak maka dengan sendirinya akan meletus. Meletusnya benjolan tersebut mengakibatkan iritasi dan juga rasa sakit yang akan dirasakan oleh kucing tersebut. Tidak hanya itu, akan ada bau /aroma busuk yang keluar dari bekas benjolan dan nanah menguning yang banyak.

Sebenarnya Abses ini tidak terlalu berbahaya karena saat meletusnya benjolan tersebut maka kucing tersebut akan segera pulih dalam beberapa minggu. Tapi tentunya kita harus rutin setiap hari membersihkan luka bekas benjolan tersebut dengan larutan antiseptik agar tidak infeksi.

Jika kalian merasa kawatir dengan hewan peliharaan kalian tersebut dan tidak mau menangani penyakit tersebut di rumah, kalian bisa segera membawa kucing tersebut ke dokter hewan. Dokter akan melakukan beberapa tindakan untuk menyembuhkan kucing dari benjolan yang disebabkan oleh penyakit Abses.

Untuk kucing yang benjolan di tubuhnya belum meletus, maka dokter akan dengan sengaja mengempeskan benjolan tersebut dengan cara pembedahan untuk mengeluarkan nanah yang ada di benjolan tersebut.

Setelah itu, dokter akan menyarankan untuk rawat inap kucing tersebut untuk beberapa hari sambil memberikan antibiotik agar lukanya tidak infeksi. Jadi kalian juga bisa melakukan hal yang sama untuk menolong kucing peliharaan kalian agar bisa sembuh dari penyakit Abses, maka dari itu kalian bisa membantu mempercepat meletuskan benjolan tersebut dengan menempelkan kapas yang terlebih dahulu direndam air hangat agar benjolan tersebut cepat meletus. Dan kemudian baru diobati dengan menggunakan larutan antiseptik.

Tapi jika benjolan di kucing kalian tidak kunjung sembuh dan bahkan mengeras, bisa saja kucing kalian menderita penyakit yang lebih serius seperti tumbuhnya tumor / kanker sang susah disembuhkan dan harus ditangani oleh dokter hewan.

Maka dari itu jika kalian melihat ciri-ciri benjolan seperti yang saya jelaskan di atas yang mudah meletus maka kalian jangan terlalu kawatir, tapi jika mengeras, membatu atau bahkan tumbuh daging terus membesar, sebainya itu harus segera di bawa ke dokter hewan.

Baca juga :

Dan penyakit ini bisa terjadi pada kucing apa saja, termasuk benjolan pada kucing persia, benjolan pada kucing anggora, benjolan pada kucing lokal / kampung dan jenis ras kucing lainnya. Tidak hanya itu, benjolan juga bisa tumbuh di bagian perut kucing, telinga kucing, leher kucing, kaki kucing, pinggang kucing dan bagian tubuh lainnya.

Share this

Jika kalian ingin berwisata ke Pulau Dewata Bali - Indonesia, dan ingin mengetahui tempat-tempat wisata bali yang paling lengkap, silahkan kunjungi situs "Mentari Bali Holiday". Disana kalian akan mendapatkan semua informasi wisata bali, dan bahkan ada hal menarik lainnya.
loading...

1 Response to "Benjolan Pada Kucing Ciri-ciri dan Gejala Penyakit Apa ?"

Berkomentarlah dengan kata-kata yang mudah dimengerti, Baik dan Sopan, jika ada kata yang sens1tif / f*rn0gr4fi lainnya tolong di rubah kalimatnya dengan cara campur dengan angka, contohnya ( b1r4hi )

jika merasa informasinya yang disediakan ini bermanfaat tolong bantu di share ya... Trimakasih :3